Cara Membuat Kompor Mini dari Bahan Bekas Kaleng

 on Monday, 10 March 2014  

     Ketemu lagi dengan Lintas Sagoe yang sebelumnya admin jarang memposting maklum ada kesibukan yang lain sedikit, hehehe. OK simaklah disini ane ingin memberitau agan-agan tentang membuat kompor mini dari kaleng bekas, ini akan lebih baik bagi agan-agan yang hobby nya berpetualang, hiking, camping dll. jadi agan tidak perlu membeli kompor yang mahal-mahal dan repot membawanya, ini hanya kaleng yang sangat ringan dan mudah agan-agan bawa kemana-mana.

Baiklah ane tidak memperpanjang lebar agan simak aja baik-baik tentang perlengkapan dan langkah-langkah pembuatannya.
Perlengkapan:

1. 2kaleng bekas minuman fanta, sprite, lasegar, kratingdaeng atau lain-lain                yang sejenisnya. 
2. Baut Ukuran 10 atau 12.
3. Pisau atau Cutter.
4. Paku Ukuran 3” dan 1,5”.
5. Rol Pengukuran.
6. Spidol.
7. Palu.
8. Bahan bakar Spitus atau Alkohol.
 
Image: Perlengkapan
Ikuti Langkah-langkahnya:

Langkah Pertama
Kedua kaleng bekas yang anda persiapkan tadi di ukur dulu maximal 4cm panjangnya, punya ane sih hanya dengan ukuran 3,5cm. Dan yang perlu agan ingat kedua kaleng di ukur pada posisi bawah, jangan ambil posisi atas, setelah diukur agan kasih tanda dengan spidol agan pada batas ukuran yang agan tentukan.
 
Image: Tahap Pengukuran


Langkah Kedua
Ambil pisau atau cutter yang agan sediakan kemudian agan potong kedua kaleng yang anda ukur 4cm atau 3,5cm tadi. Intinya di potong dengan rata dan rapi, dan hati-hati bisa terkena tangan karena kaleng tersebut sangat tajam.
 
Image: Tahap Pemotongan

Langkah Ketiga
Setelah agan potong kedua kaleng tersebut agan satukan kedua kalengnya. Kaleng A dimasukkan ke kaleng B, dan pelan-pelan karena kalengnya tipis dan tajam kaleng mudah terkoyak, agan putar aja pelan-pelan sampai kedua kaleng tertutup rapat.
 
Image: Tahap Menyatukan Kedua Kaleng
Langkah Keempat
Setelah Kaleng tersebut disatukan agan pilih yang mana posisi atas untuk posisi keluarnya api dan posisi untuk isi bahan bakar, setelah agan pilih posisinya agan ambil paku dan palu yang agan sediakan tadi,untuk melobangi posisi keluarnya api dan posisi untuk di isi bahan bakar. 

Langkah ke lima
Agan lobangi terlebih dahulu pada pinggiran kaleng dengan paku ukuran kecil 1,5”. dan banyak lobangnya mulai dari 16 s/d 32 lobang, saran ane pakek yang 32 lobang aja, karena makin banyak lobang api makin bagus keluar dan api juga biru. Kalau 16 lobang kemungkinan apinya berwarna merah, itu sih pengalaman ane, kalau agan-agan penasaran bisa agan perbandingkan keduanya.
 
Image: Tahap Menglobangi Pinggiran
Langkah ke enam
Setelah agan lobangi pada pinggiran kaleng agan lobangi lagi pada posisi tengah kaleng, pada posisi tengah tersebut yaitu posisi untuk isiin bahan bakar, dan tentu agan harus lobangi lebih besar, agan pakek aja paku ukuran 3” untuk lobanginya, pokoknya lobang tersebut harus bisa di tutup dengan baut ukuran 10 atau 12, sesuai keinginan agan.
 
Image: Tahap Menglobangi Posisi Isi Bahan Bakar
Langkah ke tujuh
Setelah agan lobangi pada posisi tengah agan juga harus menambah lobang di pinggir lobang tengah tersebut, untuk mudah isi bahan bakar dan juga berpengaruh pada nyalanya api. Agan harus tambah 4 lobang di sampingnya, pastikan jaraknya dan keseimbangan.
 
Image: Tahap Menglobangi Lobang Pembantu
Setelah langkah-langkah tersebut agan simak sekarang kompor mini agan siap di gunakan. Keren kan kompornya dengan bermacam-macam merk, ada merk lasegar, fanta, kratingdaeng, dll.Sangat mudahkan. dan agan tidak perlu takut untuk mempersiapkan perlengkapan petualang agan.

Image: Kompor Agan Siap digunakan
dan yang lebih penting agan ingat untuk bahan bakar jangan pernah agan gunakan bahan bakar bensin. Kemungkinan besar bisa meledak. Ane sendiri memilih bahan bakar spirtus, karena lebih mudah kita dapat di toko-toko bangunan terdekat harganya juga lebih murah.
Oya gan untuk kaki kompor agan tidak perlu repot, agan tinggal beli aja kaki kopor lapangan TNI harganya hanya 9.000, dan kalau agan-agan pilih untuk lebih irit atau lebih mudah agan juga bisa buat kaki kompor langsung di posisi agan camping, dengan membuat kakinya dengan tiga batu, untuk menopang nesting agan. hehehe. mau pilih yang gimana terserah agan.

Image: Kompor Lapangan TNI
Cara memakainya agan bisa liat sendiri di photo-photo ane saat hiking. agan-agan yang kira-kira sangat membosankan dengan suasana membuat kopi, atau sedikit menyajikan makanan pada saat persinggahan dalam kegiatan mendaki, mungkin dengan menggunakan kompor mini ini agan akan terus-terusan singgah untuk membuat kopi atau lainnya, hehehe.
 
Image: Menyajikan Makanan, Sarden Kaleng
Image: Menyajikan Kopi Pada Saat Singgah Untuk Menuju Puncak
Image: Masak Nasi Dengan Kompor Mini Ane
Image: Sedikit Bergaya
Untuk agan-agan yang kurang jelas langsung saja tinggalkan komentar dibawah, atau agan bisa langsung kunjungi profil Facebook, Twitter, Yahoo ane, ataupun langsung kontak ane di 085296238197.Terimakasih atas kunjungannya semoga postingan ane bermanfaat buat agan-agan semua. ane Muzakir.sk Mengucapkan Salam Lestari.



8 comments:

  1. wah keren gan kompor miininya... jadi lebih efisien uang yang keluar yak gan.. trus membawanya juga tidak ribet... mantap tutorialnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas kepahaman tutorialnya, dan terimakasih atas kunjuungannya...
      silahkan dicoba kompor mini agan di pantai-pantai, pasti ngak mati apinya,,,
      :)

      Delete
  2. Replies
    1. Terimakasih telah mengikuti artikel ini brader.

      Delete

LINTAS SAGOe. Powered by Blogger.
J-Theme